4.
BREAKING NEWS :
Home » » Cara unik kepala daerah ini dekatkan warganya kepada Tuhan

Cara unik kepala daerah ini dekatkan warganya kepada Tuhan

Written By Unknown on Minggu, 14 Februari 2016 | 01.24


Sudah menjadi suatu kewajiban bagi kepala daerah mengatur warganya. Aturan tersebut bisa lisan maupun tertulis yang berbentuk Perda atau Pergub.

Seperti yang dilansir merdeka.com, para kepala daerah yang mengeluarkan kebijakan atau imbauan unik, lain dari yang lainnya. Di antara sekian banyak kebijakan unik, salah satunya mengajak warga untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Berikut kebijakan unik kepala daerah dekatkan warganya kepada Tuhan:

1.
Wali Kota Bandung canangkan magrib mengaji 
 
Belajar mengaji


Pemkot Bandung akan meluncurkan program magrib mengaji dalam dua bulan ke depan. Program itu diperuntukkan bagi anak-anak agar lebih rajin membaca Al-Quran.

"Program dua bulan lagi Magrib Mengaji, jadi anak-anak kita di lingkungan masjid mengaji paling tidak sampai Isya," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di Bandung, Kamis (11/2).

Terkait teknis pelaksanaannya, dirinya belum bisa menyampaikan. Rencananya ada dari beberapa institusi pendidikan, khususnya yang berlatar agama akan berperan untuk mendukung program tersebut.

Dia berharap dengan adanya program magrib mengaji, setiap anak bisa lebih merasakan manfaat mengaji dari pada harus keluyuran keluar rumah.

"Biar tidak lagi ada anak anak yang bermain di waktu Magrib. Sehingga kegiatannya banyak bermanfaat untuk dirinya sendiri," harapnya.

Selain itu, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil juga pernah memberangkatkan warganya yakni, Sariban. Pak Sariban sehari-hari berprofesi sebagai petugas kebersihan di Kota Bandung mengaku senang dirinya dan istrinya bisa berangkat umroh gratis.

"Wah senang banget lah (diajak umroh)," ucap Sariban.

Pak Sariban mengaku bersyukur dapat menjalankan ibadah umrah pada tahun ini bersama istrinya.
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menjelaskan dirinya mengajak Pak Sariban pergi umrah sebagai hadiah setelah Kota Bandung mendapat piala Adipura.

"Umroh saya ngajak Pak Sariban sama istrinya. Kan dia pahlawan, jadi saya hadiahi umroh setelah Adipura. Ya saya merasa Pak Sariban ini luar biasa konsisten dan gak ada salahnya di hari tuanya kita beri aspirasi," kata Kang Emil.

2. Wali Kota Bengkulu beri mobil untuk warga salat berjemaah di Masjid


Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menegaskan tidak ingin membuat warganya hanya mengharapkan hadiah saat mengikuti program salat berjemaah berhadiah mobil dan naik haji. Dia justru ingin memotivasi warga agar rajin salat berjemaah ke masjid. 

"Ini bukan untuk membuat masyarakat seperti mengharapkan hadiah, tetapi saya mencontoh pembelajaran dari ayah saya saat kecil dulu, saat itu dia mengatakan kalau saya bisa puasa Ramadan sebulan penuh maka akan diberikan hadiah sepeda. Oleh karena itu saya merasa terpacu dan akhirnya hal tersebut membuat terbiasa untuk menunaikan puasa," kata Helmi, Rabu (13/2).

Program salat zuhur berjemaah di Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu setiap hari itu menurutnya, juga akan menumbuhkan motivasi masyarakat setempat untuk meramaikan masjid dan kegiatan tersebut merupakan salah satu program Pemkot Bengkulu yakni "Bengkuluku Religius".

"Dengan mengarahkan masyarakat untuk lebih religius, kita berharap bisa menekan angka kriminalitas, seperti seks bebas, judi, minuman keras, narkoba, serta tindak pidana pembunuhan maupun korupsi," harapnya.

Helmi menambahkan, dengan adanya program tersebut warga berpikir berulang kali melakukan tindak kriminal, karena di hati mereka tertanam jiwa religius yang takut kepada azab Allah," pungkasnya.

3. Pemkab Aceh Barat berangkatkan umrah 6 pegawainya 


Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memberangkatkan enam pegawainya secara gratis. Hal itu sebagai wujud penghargaan atas pengabdiannya kepada pemerintah setempat dan diharapkan bisa meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (LHKP), Abdya Indra Sukma mengatakan, petugas itu yakni Usman, pekerja harian lepas sebagai petugas kebersihan, Firnanda Hadi tenaga kontrak non PNS, Aniswardi petugas Satpol PP dan WH Non PNS, Rusnawati petugas paramedis PNS, Siti Mukmin guru sekolah PNS dan Adenan Camat, Kecamatan Blangpidie.

"Profesi ini yang sering kita abaikan, sebenarnya sangat berperan penting dalam siklus hidup sebuah kota, karena para petugas kebersihan ini bekerja tanpa kenal waktu disaat di pagi buta," kata Abdya, Selasa (19/5).

Salah satu pegawai yang diberangkatkan umrah gratis yakni Usman, dirinya mengaku sangat gembira, karena mendapat hadiah umrah.

"Insya Allah, nanti kalau Allah mengizinkan, begitu sampai ke Makkah, doa pertama saya untuk Bupati Jufri Hasanuddin," ucapnya.

Petugas kebersihan ini juga mengaku, setelah mendengar nama dirinya bakal diberangkatkan ke Tanah Suci, malam itu juga tidak bisa tidur dengan nyenyak, selain tidak memiliki uang saku, juga takut Kota Blangpidie bakal kotor. "Tidak bisa tidur, karena saya memikir, jika saya berangkat umrah, siapa yang bakal membersihkan kota, karena saya tidak mau kota saya ini dilumuri oleh sampah-sampah," ungkapnya.

"Sejak 2007 tiap pagi usai sholat subuh saya selalu membersihkan semua sudut kota termasuk saluran dan drainase, sampah-sampah itu saya sapu di atas badan jalan dengan tujuan utama agar Kota Blangpidie terlihat bersih dan rapi," ujarnya

4. Ahok berangkatkan umrah warga DKI


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memberikan umrah gratis salah satunya kepada penjaga makam Pangeran Wijaya Kusuma, Jakarta Barat, yakni Hadi Widoyo (69).

Ahok pun langsung menawarkan ke Hadi untuk umrah. "Bapak sudah haji?, Ada niat untuk umrah enggak pak," tanya Ahok sapaan akrab Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama kepada Hadi Widoyo, Kamis (20/6).

Lantas, Hadi tanpa mengurai sepatah kata langsung mengganggukan kepala tanda setuju. Langsung, Ahok memerintahkan Wali Kota Jakarta Barat, Fatahillah untuk segera mengurus administrasi dan keperluan Hadi berangkat umroh, karena secepatnya ia ingin Hadi segera umroh.

"Urus deh, minta ke Walkot untuk urus semua ya secepatnya," kata Ahok.

Ahok juga mengungkapkan, sewaktu menjadi Bupati Belitung Timur juga sering memberangkatkan warganya naik haji maupun umrah. "Saya saja di Belitung Timur (warga) saya umrohkan saja semua," bebernya.

Selain itu, Ahok juga pernah memberangkatkan 30 marbot Masjid yang berada di wilayahnya. Mereka merupakan hasil seleksi dari 3.140 orang marbot dari 3000 masjid di Jakarta. Ide untuk menaikkan haji bagi orang tidak mampu ini akan kembali diterapkan di Jakarta. Mereka yang akan dipilih adalah muazin-muazin tidak mampu. Rencananya tidak hanya insentif, tapi juga diberangkatkan haji. "Impian mereka kan naik haji, kita hajikan," ujarnya.
 
5. Bupati Batang keluarkan surat edaran salat berjemaah


 Bupati Batang, Jawa Tengah, Yoyok Riyo Sudibyo mengeluarkan surat edaran salat berjemaah untuk pegawainya. Di mana isi surat edaran tersebut terkait imbauan Salat lima waktu berjemaah bagi SKPD dan Muspida setempat.

"Saya ingin secara nyata dan kedinasan ajak teman-teman untuk giat salat berjemaah. Wajibnya laki-laki muslim kan berjemaah lima waktu di Masjid, terutama sekali Asar dan Subuh," ujar Yoyok, Rabu (6/1).
Dia tidak menyangka surat edaran tersebut membuat ramai warga Batang. Sebab, menurutnya sudah menjadi kewajiban Salat lima waktu dilakukan secara berjemaah.

"Sebetulnya wajibkan Salat berjemaah di Masjid itu. Terkait himbauan itu, terutama untuk diri saya sendiri agar ngunci saya, sebagai contoh tauladan saat di sini pas tidak dinas ke luar kota. Saat azan, saya harus penuhi panggilan Allah SWT untuk Salat itu," katanya.

Surat edaran itu disambut hangat oleh pegawai Pemerintah Kabupaten Batang. Salah satunya, Edo Muslihun, dia memaparkan sebelum imbauan itu dikeluarkan sudah dijalankan terlebih dahulu oleh Yoyok.

"Beliau sudah lama mengajak jajarannya untuk salat berjemaah," ungkap Edo.

Sumber: http://www.merdeka.com


 

Share this article :

Artikel Islam

More on this category »

Mualaf

More on this category »

Post Terkini

LGBT HARAM

LGBT HARAM

Sukanagara News

More on this category »

Cisompet News

More on this category »

Garut News

More on this category »

Regional News

More on this category »

National News

More on this category »

World News

More on this category »
 
Support : Creating Website | Johny Template | Tony Putra Garut Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Desa Sukanagara News - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Tony Kurniawan Alamat Desa SukanagaraJl.Bantar Peundeuy-Panyindangan