4.
BREAKING NEWS :
Home » » Selaawi tak akan Lagi Masuk Kecamatan Tertinggal

Selaawi tak akan Lagi Masuk Kecamatan Tertinggal

Written By Unknown on Senin, 04 Januari 2016 | 07.00

Kecamatan Selaawi yang selama ini masih termasuk Kecamatan tertinggal di Kabupaten Garut, kini dirancang akan masuk Kawasan Strategis Kabupaten Garut.

Menurut Camat Selaawi, Ridwan Efendi, masuknya Kecamatan Selaawi ke dalam Kawasan Strategis Kabupaten ini ditandai dengan rencana pengembangan lahan industri di tiga desa.

Tiga desa itu adalah Desa Selaawi, Desa Cirapuhan, dan Desa Mekarsari. Sedangkan empat desa yang lain, akan dijadikan desa Penyangga, yaitu didesain sebagai kawasan desa wisata.

Rencana besar tersebut menurut Ridwan merupakan bagian dari program pemerintah di tahun 2016 ini.
 "Untuk menunjang program pemerintah tersebut berbagai program pembangunan infrarstruktur pun terus digenjot, di antaranya, pembuatan jalan terobosan Selaawi–Malangbong, perbaikan jalan lintas Limbangan–Cibugel Kabupaten Sumedang, serta pembangunan jalan Tol Cigatas yang melewati wilayah Selaawi," kata Ridwan di Kantor Kecamatan Selaawi, Senin (4/1/2016).

Ridwan menjelaskan bahwa nantinya pihaknya akan menerapkan sistem hulu-hilir, yaitu proses yang menjadikan tiga desa yang akan dijadikan kawasan industri disokong oleh empat desa lainnya.

"Salah satu bentuk sistem tersebut ialah 4 desa non industri yang ada di Kecamatan Selaawi akan dibuat menjadi kawasan destinasi wisata bambu dengan luas mencapai 20 hektare," ujarnya.

Menurut Ridwan, ke depannya kawasan ini diharapkan akan bisa mensuplai kebutuhan industri bambu di Desa Mekarsari. Jenis industri yang akan dibangun itu di antaranya meliputi industri yang berskala lokal, regional hingga internasional tak ubahnya seperti di kota-kota besar.

Adapun alasan pemerintah untuk menjadikan Kecamatan Selawi menjadi kecamatan industri ini, kata Ridwan didukung oleh beberapa faktor antara lain Selaawi mempunyai potensi lahan yang memadai, selain itu tata ruang dan pemerataanpun menjadi salah satu faktor penunjangnya.

Lebih jauh diungkapkannya, apabila program itu bisa diwujudkan, maka banyak dampak positif yang akan dirasakan oleh warga Selaawi dan sekitarnya antara lain mengurangi angka pengangguran, meningkatkan taraf perekonomian, serta bertambahnya pemukiman yang bisa mendorong pertumbuhan di berbagai sektor.

"Dan yang terpenting bisa membebaskan Kecamatan Selaawi dari label kecamatan tertinggal seperti yang melekat selama ini," ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Cirapuhan, Nandang Supendi yang desanya termasuk dalam perencanaan desa industri, sangat mendukung dengan rencana digulirkannya program pemerintah tersebut.
Nandang berharap agar warga Kecamatan Selaawi, khusunya warga Desa Cirapuhan, bisa bangkit menjadi masyarakat yang sejahtera.
sumber: http://www.pikiran-rakyat.com
Share this article :

Artikel Islam

More on this category »

Mualaf

More on this category »

Post Terkini

LGBT HARAM

LGBT HARAM

Sukanagara News

More on this category »

Cisompet News

More on this category »

Garut News

More on this category »

Regional News

More on this category »

National News

More on this category »

World News

More on this category »
 
Support : Creating Website | Johny Template | Tony Putra Garut Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Desa Sukanagara News - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Tony Kurniawan Alamat Desa SukanagaraJl.Bantar Peundeuy-Panyindangan