Dalam
lembaga kemasyarakatan, ada keberadaan organisasi Lembaga Kemasyarakatan Desa
dan Kelurahan/LK/ LKD. Kepengurusan lembaga tersebut aktif. Ada kepengurusan
LKMD/LPM yang aktif. Ada kepengurusan PKK yang aktif. Ada kepengurusan karang
taruna yang aktif. Ada kepengurusan RW yang aktif .
Ada
kepengurusan BUMDES yang aktif. Ada forum komunikasi kader pemberdayaan
masyarakat tetapi tidak aktif. Ada posyandu yang kepengurusannya aktif. Ada
kelompok tani yang kepengurusannya aktif. Ada organisasi perempuan. Ada
organisasi pemuda yang kepengurusannya aktif. Ada kelompok gotong royong yang
kepengurusannya aktif.
Berdasarkan
pertanggunganjawaban kepala desa/lurah, ada penyampaian aboran keterangan
pertanggungan, aboran kepala desa dan aboran BPD. Status laporan
pertanggungjawaban kepala desa diterima. Laporan kinerja penyelenggaraan tugas,
wewenang, kewajiban dan hak kepala desa dan lurah kepada bupati/walikota
diterima.
Desa
Sukanegara memiliki prasarana dan adminstrasi pemerintahan desa/kelurahan.
Terdapat gedung kantor, jumlah ruang kerja 6 ruang, balai
desa/kelurahan/sejenisnya dalam kondisi baik, listrik, air bersih, namun tidak
ada telepon. Inventaris dan alat tulis kantor terdapat 1 buah mesin tik, 11
buah meja, 53 buah kursi, 1 buah lemari arsip, 1 unit computer, 1 kendaraan
dinas lurah/kepala desa, buku data perangkat desa/kelurahan terisi, perangkat
desa/kelurahan lengkap, buku peta wilayah desa/kelurahan, struktur organisasi,
kartu uraian tugas
Dalam
administrasi pemerintahan desa/kelurahan adanya buku profil desa/kelurahan yang
diolah, buku data dan peraturan desa/daerah terisi, buku keputusan kepala
desa/lurah terisi, buku administrasi kependudukan terisi, buku data inventaris
terisi, buku data aparat terisi, buku data tanah milik desa/ tanah kas desa/
milik kelurahan terisi, buku administrasi pajak dan retribusi terisi, buku
agenda ekspedisi tidak terisi, buku profil desa/kelurahan terisi, buku data
induk penduduk terisi, buku rekapitulasi jumlah penduduk akhir bulan terisi,
buku registrasi pelayanan penduduk terisi, buku data penduduk sementara terisi,
buku anggaran penerimaan terisi, buku anggaran pengeluaran pegawai dan pembangunan
terisi, buku kas umum, buku kas pembantu penerimaan terisi.
Prasarana
dan sarana Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terdapat
ruangan kerja dalam kondisi baik, listrik ada, air bersih dan telepon tidak
ada.
Sumber: http://kknunpadsukanagara2011.blogspot.co.id