4.
BREAKING NEWS :
Home » » Jalan Lintas Selatan Sepanjang 400 Km akan di Beton

Jalan Lintas Selatan Sepanjang 400 Km akan di Beton

Written By Unknown on Minggu, 03 Januari 2016 | 09.29



Pemerintah Provinsi Jawa Barat membeton jalan sepanjang 400 km lebih. Jalan itu terletak di pesisir selatan Jawa Barat yang membentang dari Pangandaran menuju Cibarenok, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

"Mudah-mudahan 6 km itu segera diselesaikan di 2016 ini, sehingga kita mencatat sejarah jalan bagus dari mulai Pangandaran, 430 km membentang sampai ke kawasan barat Jawa Barat di Pelabuhan Ratu. Ini untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Jawa Barat," kata Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dalam siaran persnya, Minggu (3/1/2016).

Mengawali tahun 2016 ini, Gubernur Jabar melakukan safari pembangunan di wilayah Jawa Barat Selatan dan salah agenda kegiatan tersebut ialah mengecek infrastruktur di wilayah Jawa Barat bagian Selatan.

"Jalan merupakan infrastruktur urat nadi bagi pergerakan barang dan orang yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Untuk itu, jalan sangat berperan penting dalam denyut nadi perekonomian suatu daerah," kata dia.

Ia menuturkan salah satu kawasan yang dikunjunginya saat melakukan safari pembangunan adalah ke pulau terluar Jawa Barat, yaitu pulau Nusa Manuk di Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Pihaknya mengakui bahwa ada beberapa ruas jalan yang masih dalam kondisi rusak ringan, seperti di daerah Parigi dan Legok Jawa kurang lebih 500 meter serta 5 km di Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Dengan demikian, kata dia, total jalan yang masih dalam kondisi rusak ringan kurang lebih 6 km dan akan segera diperbaiki pada tahun 2016 ini.

"Maka Jawa Barat bagian selatannya sekarang ini memiliki jalan yang paling bagus dan terpanjang. Konstruksinya beton dan banyak di kawasan Tasikmalaya," ujar Aher.

Menurutnya, pembangunan jalan mengeluarkan biaya paling mahal dibanding bidang pembangunan lainnya - termasuk pembangunan jalan beton di Selatan Jawa Barat ini yang menelan anggaran hingga Rp 1 triliun pada 2014 dan 2015 .

Ia mengatakan, apabila dibandingkan dengan pembangunan ruang kelas baru untuk sekolah, angka Rp1 miliar bisa membangun hingga 10 ruang kelas baru, tapi dengan angka Rp1 miliar hanya bisa membangun jalan sepanjang 250 meter.

"Pemerintah pusat dan daerah mengeluarkan dana untuk membangun jalan Pangandaran sampai dengan Cibarenok, Pelabuhan Ratu, tidak sedikit. Tercatat tahun 2014 menelan anggaran Rp800 miliar. Tahun 2015 pakai anggaran Rp 200 Milyar," kata Aher.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat di kawasan selatan bisa memanfaatkan dan memelihara dengan baik jalan tersebut.

"Maka saya mengajak kepada seluruh masyarakat kawasan selatan, pakidulan. Dari mulai pakidulan Pangandaran sampai pakidulan Cibarenok, Pelabuhan Ratu untuk merawat jalan tersebut dengan sebaik-baiknya," katanya.

Pemeliharaan tersebut bisa dilakukan melalui penghijauan di sepanjang jalan dan dijadikan tempat rekreasi atau fasilitas publik dan ia meminta agar tidak ada izin pendirian bangunan apapun di sepanjang jalur selatan tersebut.

Sumber: SKU Warta Indonesia Pembahruan

Share this article :

Artikel Islam

More on this category »

Mualaf

More on this category »

Post Terkini

LGBT HARAM

LGBT HARAM

Sukanagara News

More on this category »

Cisompet News

More on this category »

Garut News

More on this category »

Regional News

More on this category »

National News

More on this category »

World News

More on this category »
 
Support : Creating Website | Johny Template | Tony Putra Garut Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Desa Sukanagara News - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Tony Kurniawan Alamat Desa SukanagaraJl.Bantar Peundeuy-Panyindangan