4.
BREAKING NEWS :
Home » » Pengamat menilai militer Indonesia lebarkan pengaruh

Pengamat menilai militer Indonesia lebarkan pengaruh

Written By Unknown on Senin, 14 Maret 2016 | 00.53

 Pasukaan Khusus TNI
 
Militer Indonesia terus melebarkan pengaruh karena didorong ketidakpercayaan atas politisi sipil, kemuakan terhadap polisi, dan keyakinan bahwa Indonesia diserang asing melalui cara-cara nonmiliter.
Laporan lembaga kajian konflik, Institute for Policy Analysis of Conflict atau IPAC berjudul The Expanding Role of the Indonesian Military menyoroti perkembangan TNI selama beberapa bulan terakhir.

“Konsep ‘perang proksi’ milik TNI mengubah ancaman internasional menjadi bahaya domestik dan karenanya membenarkan peran militer di ranah domestik. Semuanya, mulai dari krisis asap sampai ke penyuaraan hak-hak LGBT menjadi bukti bahwa musuh asing berupaya melemahkan Indonesia dari dalam,” kata Sidney Jones, Direktur IPAC.

Laporan itu menakar seberapa jauh tekanan yang dilakoni TNI untuk melebarkan pengaruhnya, terutama di bidang antiterorisme. Jawabannya, dapat dilihat dalam serangan di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada 14 Januari lalu dan masih buronnya Santoso di Sulawesi Tengah.

Menurut Jones, lantaran kepolisian secara efektif bisa menangani serangan 14 Januari dan fakta bahwa Santoso belum bisa ditangkap -walau TNI sudah mengerahkan 2.000 personel untuk mencarinya- maka militer sementara berhenti meminta penggelaran operasi.
 
TNI membantu korban kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

Draf UU Antiterorisme

TNI juga tidak diberikan tambahan kekuasaan dalam draf Undang-Undang Antiterorisme yang tengah dibahas di parlemen.

Bagaimanapun, dalam draf itu terdapat pasal 43b yang menyatakan presiden akan menentukan kebijakan dan strategi nasional untuk mengatasi terorisme dan keduanya akan diterapkan oleh kepolisian, TNI, dan badan lainnya sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Fungsi TNI, menurut pasal itu, akan membantu kepolisian. Namun, batasan bantuan TNI ke kepolisian belum pernah dijelaskan secara rinci dan presiden bisa merumuskan strategi yang di dalamnya memberi keleluasaan bagi TNI.

Keleluasaan itu tercermin dalam keterlibatan TNI dalam tugas-tugas non-militer, seperti di bidang pertanian.

 
TNI kerap terlibat dalam tugas-tugas non-militer.
Pada Desember 2015, Menteri Pertanian, Dr Andi Amran Sulaiman, berterima kasih kepada 50.000 petugas Babinsa atas bantuan mereka dalam program ketahanan pangan. Lalu, pada awal Februari 2016, Komandan Korem di Merauke, Provinsi Papua, menekankan salah satu tugas utama Korem adalah membuka lahan di Merauke untuk penanaman padi.

Selain di bidang pertanian, TNI juga dilibatkan dalam upaya pemadaman kebakaran hutan seperti di Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Secara keseluruhan, menurut laporan IPAC, terdapat 5.000 tentara yang dikerahkan selama September-November 2015 di Sumatera dan Kalimantan.

Melebarnya peran TNI ke berbagai sektor menandakan perlunya suatu tinjauan independen terhadap kebijakan pertahanan, strategi, dan struktur kekuatan TNI. Sampai tinjauan rampung, menurut laporan IPAC, maka aktivitas TNI di ranah nonmiliter mesti berhenti dan pemerintah memastikan bahwa ada landasan hukum terkait tugas-tugas non militer yang dilakukan TNI.

“Hampir 18 tahun setelah demokrasi ditegakkan kembali, Indonesia masih perlu melembagakan sekat-sekat untuk memastikan adanya batasan terhadap pelebaran tugas militer yang kini berlangsung,” kata Jones.

Ranah sipil

Pelebaran peran TNI ke berbagai ranah, termasuk ranah sipil, diamini peneliti LSM Imparsial, Al Araf.
Hal ini menurutnya terlihat dari adanya ratusan memorandum of understanding (MoU) antara TNI dengan kementerian, lembaga, universitas, perusahaan, dan pemerintah daerah.

"Berbagai MOU tersebut membuat dinamika TNI masuk kembali ke dalam ranah sipil dan keamanan dalam negeri, seperti terlibat penjagaan stasiun, terminal, seperti masa Orde Baru," ungkapnya kepada BBC Indonesia.
 
TNI terlibat dalam pengamanan domestik.
Ditambahkannya, kesepakatan tersebut telah melanggar UU No 34/2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI). "Sebenarnya itu bukan tugas TNI. Tugas utama TNI adalah alat pertahanan negara," katanya.

Dia mengkhawatirkan, praktek seperti itu dapat menjadi celah bagi TNI untuk ‘bermain’ di ranah sipil-politik.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam jumpa pers di Mabes TNI, Minggu (04/10), mengatakan pihaknya menyerukan agar anggota TNI 'tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis dan dijamin kesejahteraannya'.

Di hadapan wartawan, Gatot Nurmantyo berharap agar prajurit TNI memiliki kebijakan politik negara yang menganut prinsip demokrasi, informasi sipil, dan hak asasi manusia. Dia juga menegaskan, walaupun terdapat kekurangan, TNI saat ini berada dalam 'periodesasi kekuatan yang membanggakan'.

"Karena reformasi internal, baik secara ritual maupun kultural, telah sepenuhnya tuntas kami laksanakan," tandas Gatot

Sumber: http://www.bbc.com
Share this article :

Artikel Islam

More on this category »

Mualaf

More on this category »

Post Terkini

LGBT HARAM

LGBT HARAM

Sukanagara News

More on this category »

Cisompet News

More on this category »

Garut News

More on this category »

Regional News

More on this category »

National News

More on this category »

World News

More on this category »
 
Support : Creating Website | Johny Template | Tony Putra Garut Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Desa Sukanagara News - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Tony Kurniawan Alamat Desa SukanagaraJl.Bantar Peundeuy-Panyindangan